Badan Keuangan Daerah Kab.Kepahiang

Visi Kita Terwujudnya Pengelolaan Pendapatan, Keuangan Dan Aset Daerah Yang Akuntabel Dan SDM Yang Memiliki Integritas Tinggi.

Menanjak Project : Strategi Peningkatan Realisasi Pajak Restoran Berbasis Transaksi Digital Di Kabupaten Kepahiang

Kepahiang, Oktober 2023
Penulis : Siti Rastini

Pajak restoran adalah pajak atas pelayanan yang disediakan oleh restoran. Adapun yang dimaksud dengan restoran adalah fasilitas penyediaan layanan makanan dan/atau minuman dan dipungut bayaran, paling sedikit menyediakan layanan penyajian makanan dan/atau minuman berupa meja, kursi dan/atau peralatan makan dan minum.

 

Pajak Restoran merupakan penyumbang pajak daerah potensial ketiga di Kabupaten Kepahiang setelah Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dengan kontribusi rata-rata dalam kurun waktu tahun 2020-2022 adalah 9,14% dari total realisasi pajak daerah. Namun demikian, kontribusi pajak restoran ini belum optimal dikarenakan belanja pemerintah mendominasi realisasi pajak restoran dibandingkan realisasi dari pelaku usaha. Kontribusi realisasi pajak restoran dari pelaku usaha pada tahun 2020 sebesar 2,08% dari total realisasi pajak restoran, 2,48% pada tahun 2021 dan 4,12% pada tahun 2022.

 

 Berdasarkan identifikasi permasalahan dengan menggunakan metode analisa Aktual, Problematik, Kekhalayakan dan Layak (APKL) dan metode Urgency, Seriousness, dan Growth (USG), diketahui bahwa permasalahan utama untuk peningkatan realisasi pajak restoran adalah terdapat potential loss dikarenakan realisasi pembayaran pajak yang dilakukan oleh wajib pajak restoran secara self assesment diduga belum sesuai dengan transaksi penjualan yang senyatanya. Selanjutnya untuk menentukan rencana strategis digunakan metode analisa Strength, Weakness, Opportunity dan Threat (SWOT) sehingga didapat strategi pemecahan masalah adalah berbasis transaksi digital melalui pemasangan alat rekam transaksi digital (kasir online).

 

MENANJAK PROJECT” yang merupakan akronim dari kata ”Meningkatkan Setoran Pajak Project” dimaksudkan untuk mengurangi kesenjangan atau gap antara setoran wajib pajak dengan potensi (pay loss). Menanjak Project dalam jangka pendek menghasilkan output kunci yaitu :

  1. Keputusan Bupati Kepahiang Nomor. 900 – 523 Tahun 2023 tanggal 31 Agustus 2023 tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengelolaan Pajak Restoran di Kabupaten Kepahiang;
  2. Surat Edaran Sekretaris Daerah Nomor. 900/3148/SE/BKD/KPH/2023 tanggal 4 September 2023 tentang Optimalisasi Pajak Restoran Berbasis Transaksi Digital;
  3. Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Badan Keuangan Daerah dengan Bank Bengkulu Cabang Kepahiang
  4. Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Badan Keuangan Daerah dengan Pelaku Usaha Restoran

 

Dari pelaksanaan uji coba pemanfaatan alat rekam transaksi digital (kasir online), di dapat informasi bahwa dengan pendekatan Menanjak Project, outcome dari output kunci telah mampu mengurangi kesenjangan atau gap antara setoran Wajib Pajak (WP) dengan potensi (pay loss) sehingga dapat diandalkan dalam peningkatan realisasi pajak restoran di Kabupaten Kepahiang.

 

Pada jangka menengah, Menanjak Project akan diimplementasikan untuk peningkatan realisasi pajak restoran terhadap pajak daerah dan pemberian reward ke pelaku usaha restoran (wajib pajak) dan konsumen/masyarakat (subjek pajak), lebih lanjut dalam jangka panjang akan dilakukan penambahan kasir online untuk wajib pajak restoran potensial lainnya dan perluasan pemasangan kasir online ke objek pajak lain yaitu pajak hotel dan pajak hiburan, sehingga outcome Menanjak Project ini benar-benar aktual dan mampu menjawab dinamika permasalahan yang muncul dalam peningkatan Pajak Daerah secara responsif.

 

Share on facebook
Share di Facebook
Share on twitter
Share di Twiter

Badan Keuangan Daerah Kab. Kepahiang

Jam Kerja

Senin - Jum'at : 8:00 - 16:00 WIB

Kita Berada

Badan Keuangan Daerah Kab. Kepahiang
Komplek Perkantoran PEMDA Kab. Kepahiang
Desa Pelangkian, Kec. Kepahiang
Kabupaten Kepahiang
Email: admin@bkd.kepahiangkab.go.id