Badan Keuangan Daerah Kab.Kepahiang

Visi Kita Terwujudnya Pengelolaan Pendapatan, Keuangan Dan Aset Daerah Yang Akuntabel Dan SDM Yang Memiliki Integritas Tinggi.

Skill dan Knowledge Lengkapi Juga Dengan Attitude

Kepahiang, 13 September 2020.

Penulis : Dishaidil Fitri Haidi, S.Kom, M.Si

Pekerjaan merupakan kebutuhan setiap orang dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup, terutama menyangkut finansial yang bersangkutan. Disisi lain unit kerja yang mempekerjakan karyawan tentu memiliki tujuan sesuai visi dan misi dari organisasi tersebut, jika organisasi pemerintah maka tujuannya tidak akan sepenuhnya berorientasi pada profit sebagaimana yang ada pada dunia usaha, mengingat sifat dan tugas pemerintah sebagai pelayan publik. Dalam rangka menjamin keberlangsungan organisasi maka orang-orang yang terlibat didalamnya haruslah memiliki tiga bekal utama yaitu skill (keterampilan), knowledge (pengetahuan), dan attitude (sikap).

Skill dan knowledge merupakan komponen yang dapat dikembangkan dengan banyak membaca, banyak belajar, dan praktik. Memiliki kedua komponen tersebut belum tentu seseorang tersebut memiliki attiude yang baik. Lihat saja dalam keseharian ditempat bekerja, ada seseorang karena merasa lebih pintar lantas menganggap orang lain bodoh dengan kata lain menyepelekan orang lain. Labih jauh dari itu orang yang tidak memiliki attitude tidak segan-segan menonjolkan kemampuannya dengan mendikte bahkan mengkoreksi orang lain secara terbuka didepan orang lain. Menyedihkannya lagi hal tersebut dilakukan dengan maksud orang tersebut tidak ingin merasa tersaingi oleh orang lain.

Mengutip laman web disnakertrans.ntbprov.go.id, Attitude adalah sikap dan perilaku yang Anda tunjukan sehari-hari. Cara berbicara, bertindak, memperlakukan orang lain, semua itu adalah cerminan dari apa yang Anda pikirkan.  Attitude apa saja yang harus dimiliki dalam dunia kerja? Yuk kita simak ulasannya dibawah ini:

  1. Menerima Kritik atau Masukan

Segala sesuatu yang dikatakan baik rekan, senior, maupun atasan, tidak selalu bermakna negatif atau akan membuat kita bersedih. Terimalah apa yang mereka katakan mengenai kinerja kita pribadi. Percayalah bahwa mereka memiliki niat membantu kita menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas di kantor dengan lebih baik lagi.

  1. Menghargai Waktu

Dalam bekerja, penting bagi kita untuk selalu tepat waktu. Pastikan kita selalu datang ke kantor tepat waktu serta menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktunya. Dengan selalu menepati waktu, Anda akan membuat suasana kerja yang bebas stress dan kita menunjukkan bahwa Anda berkomitmen penuh terhadap pekerjaan kita.

  1. Menghormati rekan kerja

Rasa hormat tidak hanya ditunjukkan kepada atasan. Sebagai karyawan kitajuga harus menghormati rekan-rekan kerja, termasuk junior-junior. Dengan begitu, kita menunjukkan profesionalitas Anda sebagai seorang karyawan.

 

  1. Berkomitmen terhadap pekerjaan

Penting untuk menunjukkan komitmen terhadap pekerjaan. Lebih baik lagi, jika kita mencintai pekerjaan. Dengan begitu, kita akan bekerja dengan maksimal. Selain itu, kita juga dapat mengembangkan diri sehingga menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain beberapa hal di atas, peran networking juga tidak kalah penting untuk meraih kesuksesan. Baik secara langsung atau tidak langsung, kita pasti membutuhkan bantuan orang lain. Dengan attitude yang baik, kita akan sangat terbantu dalam membangun network profesional.

Setelah memahami pentingnya attitude dalam dunia kerja, kita dapat mulai membentuk attitude yang baik dari tiga hal sederhana, yaitu senyum, terima kasih, dan maaf. Ketiganya merupakan hal yang sering disepelekan, namun, memiliki efek yang luar biasa. Dengan banyak tersenyum, kita akan dikenal sebagai pribadi yang ramah. Lalu, dengan mengucapkan “Terima kasih” atas bantuan orang lain dan “Maaf” jika kita melakukan kesalahan, orang lain akan merasa bahwa kita menghormati mereka. Dari hal-hal kecil seperti ini, kita dapat menjaga dan bahkan mengembangkan attitude menjadi lebih baik lagi. (*)

Share on facebook
Share di Facebook
Share on twitter
Share di Twiter

Badan Keuangan Daerah Kab. Kepahiang

Jam Kerja

Senin - Jum'at : 8:00 - 16:00 WIB

Kita Berada

Badan Keuangan Daerah Kab. Kepahiang
Komplek Perkantoran PEMDA Kab. Kepahiang
Desa Pelangkian, Kec. Kepahiang
Kabupaten Kepahiang
Email: admin@bkd.kepahiangkab.go.id